Ambulans Tidak Gratis, Warga: Bapak Bupati Bohong Dong!

Kotabumi – Janji Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara atas pelayanan mobil ambulan gratis untuk seluruh masyarakat tampaknya tidak dijalankan RSU Ryacudu Kotabumi.
Pasalnya, setiap pasien yang mengunakan jasa mobil ambulan diwajibkan membayar biaya ambulan sebesar Rp900.000, ketentuan tersebut belum termasuk biaya pembayaran perawat yang turut mengantar pasien.
Niko salah satu keluarga pasien RS Ryacudu Kotabumi menjelaskan,  keponakannya Fadil (2) dirawat di RS Ryacudu karena mengalami sakit panas dan muntah-muntah. Karena kondisi kesehatannya memburuk maka oleh pihak RS untuk sesegera dirujuk ke RS Bandarlampung. “Ya, Fadil akan kami rujuk ke RS Bandarlampung,” jelasnya, Senin (19/12/16).
Saat proses permintaan layanan mobil ambulan, lanjut dia, pihak keluarga di haruskan membayar biaya mobil sebesar Rp900.000. “Rp900 ribu itu belum termasuk bayar layanan perawat yang mengantar ke Bandarlampung,” bebernya.
Biaya mobil ambulan tersebut, terang Niko, patut dipertanyakan. Pasalnya, Bupati Lampura telah berjanji akan mengratiskan biaya mobil ambulans untuk seluruh masyarakat Lampura. “Kata Bapak Bupati mobil ambulan gratis, kok ini bayar. Pak bupati Bohong dong,” cetusnya.
Karena penasaran atas ketentuan biaya mobil ambulan, tambah Niko, dirinya menghubungi Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Lampura,Maya Metissa guna mempertanyakan kejelasan aturan yang menetapkan biaya mobil ambulan dan secara tegas Kadis Kesehatan  mengatakan semua pelayanan mobil ambulan gratis sesuai dengan program yang dijalankan pemerintah. “Ibu Maya sendiri yang bilang kalo semua layanan mobil ambulan gratis, baik pasien BPJS maupun Umum,” tutupnya.(efry).

SUMBER :http://hariansumatera.com/ambulans-rs-ryacudu-tak-gratis-warga-bapak-bupati-bohong-dong/

Comments